Memasarkan Pariwisata Lewat Fotografi

Biasanya, hal yang berurusan dengan pemasaran yang terkait langsung dengan dunia pariwisata dewasa ini semakin gencar memaksimalkan strategi pemasaran digital (Digital Marketing) . Namun menjadi sulit rasanya jika berbicara dunia pemasaran online tanpa berbicara fotografi. Hal ini disebabkan karena pentingnya fotografi itu sendiri untuk mendukung daya tarik para wisatawan dalam mengunjungi destinasi wisata maupun berbagai penawaran pariwisata lainnya.

6 Alasan Memancing Jadi Inspirasi Wisata Anda Selanjutnya

Memancing apa? Tentu saja memancing ikan, bukan malah keributan. Jenis wisata ini sendiri bisa anda jadikan ide atau inspirasi jalan-jalan selanjutnya karena beberapa alasan penting yang harus anda ketahui.

Alasan kenapa memancing jadi inspirasi wisata

Karena berwisata mancing itu sendiri tidak hanya sekedar berapa banyak ikan yang bisa didapatkan untuk kemudian dikonsumsi dan bahkan dijual jika anda ingin melakukannya. Ada banyak manfaat lain yang bisa kita semua ambil dengan melakukan aktivitas ini.

Saya sendiri akui bahwa memancing itu sendiri terkadang cukup membosankan. Dan jika anda pun memiliki pikiran yang sama, kita sudah harus mulai menyingkirkan itu semua karena hanya akan "menenggelamkan" sisi positif dan manfaatnya.

Dan untuk memperkaya informasi kepada pembaca sekalian, berikut saya urutkan beberapa manfaat dan sisi positif kenapa wisata memancing harus anda pertimbangkan untuk anda lakukan selanjutnya atau di waktu lainnya. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan sebagai hobi baru anda.

1. Wisata mancing dapat mengurangi stres dalam pikiran anda


Mengurangi stres dengan memancing

Saya awalnya ingin menulis bahwa memancing itu sendiri berpeluang menjadi suatu aktivitas yang dapat menghilangkan stres.

Akan tetapi, sepertinya beban pikiran tidak akan hilang secepat itu. Setidaknya masih akan ada sisa-sisa beban yang harus tetap dipikirkan. Karena itu, mengurangi stres lebih relevan dan realistis bagi saya untuk diungkapkan kepada para pembaca sekalian selain yang sebelumnya saya katakan.

Dan pada dasarnya, berwisata di ruang terbuka dengan udara yang segar, hanya akan ada sedikit kebisingan yang tetap membuat kita merasakan ketenangan, air yang jernih dengan pemandangan alam yang indah dan sebagainya akan sangat berperan untuk mengalihkan pikiran kita untuk sejenak melupakan permasalahan di tempat kerja maupun di rumah.

Kita seolah terhipnotis untuk merasakan kebebasan di alam terbuka sehingga badan dan pikiran kita menjadi lebih segar dan rileks.

Bahkan meskipun kita memancing dibawah teriknya panas matahari, ketika angin sepoi-sepoi sesekali berhembus, aktivitas memancing akan menjadi lebih menyenangkan dan juga menenangkan. Momen menikmati alam dan sebagainya yang hadir saat memancing inilah yang akan sedikit meringankan stres anda dan membuat diri anda sendiri menjadi lebih mantap untuk menghadapi hari selanjutnya.

2. Memancing merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan


Menyenangkan dan menyehatkannya wisata memancing

Seberapa sering anda memikirkan tentang wisata yang mendukung kesehatan anda? Atau yang menjadi perhatian anda hanyalah "Ah, yang penting bisa senang-senang!"

Bagaimana jika saya menawarkan ide jalan-jalan lain yang sebenarnya sudah anda ketahui yaitu dengan memancing karena anda sangat bisa untuk tetap bersenang-senang sekaligus menyehatkan badan dan mental anda?

Dan faktanya, memancing mampu menggerakkan hampir seluruh anggota badan anda saat melemparkan mata kail, tarik-menarik ikan yang memakan umpan anda, mendayung sampan dan sebagainya.

Semua hal yang dilakukan saat memancing tersebut akan sangat mendukung kondisi tubuh dan mental anda untuk menjadi lebih baik. Bahkan sepertinya bukan hal yang berlebihan jika saya mengatakan bahwa memancing sangatlah cocok untuk menjadi bagian dari aktivitas bagi seseorang yang malas menggerakkan tubuhnya. Iya, kan?

Oh ya, jika lokasi pemancingan yang anda pilih seperti di laut yang agak dangkal, bukankah hal itu juga akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk berenang di air yang jernih jika memungkinkan? Eh, ternyata berenang juga adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan juga menyehatkan kan?

3. Wisata memancing sangat terjangkau untuk kalangan manapun


Semua kalangan dapat menikmati wisata memancing

Bisa dikatakan bahwa memancing itu sendiri merupakan jenis wisata yang sangat adil. Seolah tidak ada kesenjangan antara si kaya dan si miskin, antara rakyat biasa dan juga pejabat. Semua kalangan bisa melakukannya bahkan di tempat yang sama.

Memang ada wisatawan yang terkadang melakukan pemancingan menggunakan kapal yang di sewa dengan harga yang super mahal dan menuju lokasi yang cukup jauh ke tengah laut. Namun saya kira kita tidak sedang membicarakan paket wisata mewah nan super nyaman kali ini.

Apa yang menjadi topik utamanya adalah bisa tidaknya kita memancing dengan mengesampingkan berbagai fasilitas mewah yang mampu disewa oleh pihak lain.

Dan juga, beberapa lokasi pemancingan yang populer saat ini sudah menyediakan tempat penyewaan alat mancing dan penjualan umpan untuk memfasilitasi para penggemar dunia mancing. Alat pancng sendiri kadang bisa disewa dengan harga sekitar 15 ribuan sehingga hal ini akan membantu pihak lain yang tidak ingin kerepotan untuk mencari toko alat pancing dekat rumah atau kantornya.

Jika ingin membeli alat pancing sederhana pun hampir bisa dipastikan bisa dilakukan oleh banyak orang karena harganya yang sepertinya tidak akan sampai 50 ribuan.

Aksesibilitas dalam hal harga inilah yang juga semakin meyakinkan saya bahwa wisata memancing memanglah sangat adil bagi semua kalangan.

4. Sedang mencari inspirasi bisnis apa yang akan dijalankan dengan cara yang menyenangkan? Coba analisis potensi bisnis di bidang perikanan sambil memancing!


Potensi bisnis wisata mancing

Jika anda menganggap apa yang saya sampaikan pada poin ini lucu bahkan terkesan mengada-ada, sepertinya kemampuan penulisan sub-judul diatas harus saya asah kembali karena mungkin saja makna dari poin ini belum mampu saya sampaikan dengan baik.

Apa yang ingin saya sampaikan adalah, kegiatan memancing itu melibatkan banyak hal yang cukup berpotensi untuk dijadikan bisnis.

Pertama, bukankah para nelayan akan membutuhkan banyak peralatan untuk mendukung aktivitas memancingnya? Apalagi jika kegiatan tersebut merupakan sumber utama penghasilan mereka. Jika kita memikirkan hal ini, nelayan akan sering membutuhkan berbagai alat pancing secara terus-menerus.

Misalnya mata kali dan tali pancing yang terputus, butuh topi untuk mengurangi terik matahari, butuh jaring dan layanan perbaikannya, butuh bahan bakar untuk menjalankan mesin, butuh layanan utnuk memperbaiki mesin dan juga kapal dan masih banyak lagi.

Semua itu bisa bernilai bisnis karena sudah banyak yang membuktikannya.

Belum lagi, banyak lokasi atau daerah dengan kekayaan ikan yang banyak, namun belum juga memiliki bisnis seperti pengalengan ikan, kuliner khas yang bisa dijadikan oleh-oleh, hingga bisnis menawarkan paket wisata pemancingan bagi para wisatawan.

Jalan-jalanlah ke lokasi pemancingan yang anda kehendaki dan telusuri informasi yang ingin anda ketahui. Anda bahkan bisa melakukannya sambil menunggu mata kail yang anda lemparkan sebelumnya untuk dimakan oleh ikan.

Kita tidak pernah tahu bahwa, bisa jadi peluang bisnis anda justru ada di bidang yang erat kaitannya dengan dunia perairan. Coba saja!

5. Sesekali, konsumsilah makanan segar bernutrisi dan NIKMATI hasil tangkapan anda sendiri!


Menikmati hasil tangkapan ikan wisata mancing

Sekecil apapun hasil jerih payah usaha yang kita lakukan, biasanya ketika kita menikmatinya, rasanya kok nikmaaaaat banget! Tahu kan apa maksud saya? Rasa ikan yang sama yang diberikan oleh orang lain kepada anda secara cuma-cuma tentu akan sama saja dengan apa yang anda tangkap.

Namun, anda tentu saja tidak hanya akan menikmati rasanya tetapi juga proses perjuangan yang telah anda berikan untuk mendapatkannya. "Rasa" dari proses mengeluarkan keringat dan bersabar itulah yang akan membuatnya lebih nikmat.

Karena anda terlibat secara langsung untuk mendapatkannya.

Dan, memancing ikan sendiri juga merupakan kesempatan bagi anda untuk mengkonsumsi ikan yang benar-benar segar serta sudah kita ketahui bersama sangatlah bernutrisi. Bukannya malah ikan yang "disegarkan" oleh es batu selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu hingga seolah ikan tersebut lebih lama matinya daripada hidupnya karena terus diawetkan.

6. Kita diajarkan untuk lebih HORMAT lagi terhadap laut dan lingkungan hidup sekitarnya


Lingkungan laut yang bersih berkualitas untuk wisata pemancingan

Bisa dibayangkan bagaimana "stressnya" seseorang ketika mengetahui bahwa lokasi pemancingan yang biasanya dulu dikaruniai dengan jumlah ikan yang melimpah ketika ia masih kecil ternyata saat ini untuk mendaptkan seekor pun susahnya minta ampun?

Setelah ditelusuri secara singkat, ia kemudian menyimpulkan bahwa lingkungan pemancingan tersebut sudah tercemar entah oleh limbah rumah tangga maupun hal lain hasil dari perbuatan manusia sendiri.

Disisi lain, kita sendiri tidak perlu diajarkan lagi bahwa ikan dan hasil laut lainnya sudah menjadi bahan makanan sejak nenek moyang kita dahulu hinga hari ini. Bahkan pada masyarakat pesisir, ikan sudah menjadi lauk utama dimana daging ayam, kambing amupun sapi kadang hanya dikonsumsi saja saat ada hajatan besar seperti sunatan da pernikahan.

Mengetahui betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup termasuk wilayah perairan adalah sama dengan menjaga stok makanan bagi manusia itu sendiri. Baik pemenuhan kebutuhan saat ini maupun untuk generasi mendatang.

Jika kita menelusurinya kembali, beberapa jenis ikan yang sering kita temukan tiap hari di laut mungkin sudah tidak ada lagi. Kalaupun masih ada, bisa jadi kita sudah jarang melihatnya karena kapasitasnya yang semakin berkurang (terancam).

Hal ini salah satunya bisa kita ketahui juga lewat aktivitas memancing.

Dan hal yang jarang diajarkan pada kita sejak dulu bahkan oleh pemerintah adalah bagaimana kita MENGHORMATI ALAM. Tidak salah bagaimana kita digaungkan dengan program menjaga lingkungan, namun kita terkadang benar-benar tidak peduli dengan hal itu.

Bahkan pohon angker yang tua pun "dihormati" dengan tidak menebangnya dan pada beberapa budaya bahkan menghormatinya dengan menyajikan sesajen. Saya tidak menganjurkan bahwa kita harus sampai menaruh sesajen di laut, namun tampaknya ada hal dimana ilmu pengetahuan disebarkan dengan tidak memanfaatkan potensi budaya dan adat-istiadat positif yang sudah ada sejak dahulu.

Saya kadang berpikir, lebih cerdas nenek moyang kita dulu ketimbang yang sekarang dalam hal menjaga lingkungan hidup. Karena mereka benar-benar menghormatinya dengan baik dengan alasan berlatar budaya apapun yang ada di pikiran mereka.

Dan, makhluk hidup itu bukan hanya manusia. Ikan, terumbu karang, rumput laut, dan sebagainya berhak untuk hidup di lingkungan yang lebih baik.

Duh, jadi malah panjang begini penjelasannya.

Padahal saya hanya ingin mengatakan saja bahwa jika lokasi pemancingan di alam terbuka yang dulunya ikan sangat berlimpah dan sekarang malah sebaliknya, ada baiknya kita berpikir bahwa kualitas kita dalam menjaga lingkungan hidup semakin berkurang hingga perlu dipikirkan secara bersama bagaimana mengatasinya.

Mengakhiri tulisan mengenai alasan memancing untuk dijadikan inspirasi wisata anda selanjutnya ini dan berbagai manfaat yang bisa didapatkannya, saya ingin mengatakan hal sederhana yang selalu saya rasakan ketika memancing yaitu;
"Memancing selalu bisa menjadi cara agar kita bisa merasakan relaksasi dan juga rekleksi terhadap diri sendiri."
Jika masih ada yang kurang dari apa yang saya sampikan diatas, silahkan lanjutkan di komentar. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya.

Komentar