Memasarkan Pariwisata Lewat Fotografi

Biasanya, hal yang berurusan dengan pemasaran yang terkait langsung dengan dunia pariwisata dewasa ini semakin gencar memaksimalkan strategi pemasaran digital (Digital Marketing) . Namun menjadi sulit rasanya jika berbicara dunia pemasaran online tanpa berbicara fotografi. Hal ini disebabkan karena pentingnya fotografi itu sendiri untuk mendukung daya tarik para wisatawan dalam mengunjungi destinasi wisata maupun berbagai penawaran pariwisata lainnya.

Kolam Pemancingan Ikan: Memancing Tak Melulu Harus di Laut dan Sungai

Aktivitas memancing selalunya identik dengan lokasi yang berada di laut maupun sungai. Alasan utamanya satu; karena memang disanalah ikan-ikan tersebut kebanyakan hidup dan bisa dengan mudah ditemukan. Tempat lainnya adalah danau yang juga terbentuk secara alami karena proses alam, baik yang terhubung langsung dengan anakan sungai, maupun yang berada dekat dengan daerah pesisir.

Memancing di kolam pemancingan ikan

Tapi tentu saja bahwa manusia itu dikaruniai ilmu pengetahuan dan kemampuan merekayasa lingkungan alam. Lahan yang berada di darat dan awalnya tertutup tanah bahkan sebelumnya berupa lahan perkebunan maupun hutan, bisa diubah menjadi kolam pemancingan ikan.

Secara sederhana, kolam pemancingan ikan adalah akuarium yang sangat besar. Bahkan luas kolamnya bisa berkali lipat luas bangunan rumah itu sendiri. Terkadang, seolah seluas lapangan bola. Minimal, banyak bisa ditemukan dengan mudah kolam pemancingan seluas lapangan futsal.

Adanya kolam pemancingan ikan ini tentu saja akan semakin memudahkan para pemancing untuk dimudahkan dalam menjalankan hobinya. Pada sisi lainnya, tempat pemancingan juga bisa menjadi salah satu ide wisata perairan dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan.

Dan ngomong-ngomong, selain menariknya aktivitas memancing itu sendiri, kolam seperti itu juga merupakan lahan atau peluang bisnis tersendiri.

Di tempat pemancingan ikan seperti ini, alat memancing biasanya disewakan dengan harga yang cukup menguntungkan. Sekali sewa, bisa hingga belasan ribu belum termasuk dengan umpan yang digunakan. Dan dengan kisaran harga tersebut, pengunjung sudah bisa merasakan pengalaman memancing menggunakan joran.

Ketika pengunjung akan membawa pulang hasil tangkapannya, ikan-ikan yang didapatkan tentu tidak gratis sama sekali. Jenis ikan tertentu memiliki harganya masing-masing ketika ditimbang dan tentu hal ini akan membawa keuntungan bagi pengelola kolam pemancingan.

Di beberapa kolam pemancingan ikan yang bisa ditemui, pengelola terkadang juga menyediakan layanan memasak ikan bahkan warung tersendiri dimana pengunjung bisa menikmati hasil tangkapannya. Tentu harganya akan bisa dinaikkan lagi karena sudah menggunakan jasa tambahan dan juga pengelola harus menyediakan nasi dan sumber makanan lainnya seperti sambal, sayur dan seterusnya.

Dari apa yang saya sampaikan diatas, sebenarnya ada satu hal menarik yang belum saya ungkapkan dengan jelas mengenai aktivitas memancing di kolam pemancingan ikan. Yaitu bahwa memancing tidak lagi dibatasi oleh ruang dimana kolam yang ada sangat memungkinkan kita untuk memancing di darat. Tidak melulu harus di laut maupun sungai.

Manfaatnya yah selain mendapatkan lokasi destinasi baru, aksesibilitasnya pun semakin dimudahkan karena pemancingan ikan bahkan bisa dilakukan berdekatan dengan tempat parkir kendaraan. Dengan begini, aktivitas memancing semakin bisa "dimasyarakatkan" bagi banyak kalangan.

Mau datang menggunakan kendaraan mobil bisa, motor pun bisa.

Dan dengan keterjangkauan harga layanannya, saya kira hal itu juga akan semakin menguatkan alasan bahwa memancing bukanlah hobi dan inspirasi wisata yang mahal. Justru sebaliknya yaitu sangatlah terjangkau dan bisa dinikmati banyak kalangan termasuk anak-anak.

Jadi, jika suatu saat anda sedang kebingungan ingin jalan-jalan kemana, baik bersama teman maupun berwisata bersama keluarga, coba berik diri anda kesempatan untuk menikmati menarik dan murahnya menikmati liburan dengan memancing.

Karena ketika anda enggan dan sedikit khawatir untuk melakukannya di laut, coba cek apakah di sekitar anda terdapat kolam pemancingan ikan yang bisa anda manfaatkan untuk mengisi waktu liburan tersebut.

Ada yang punya pengalaman bagaimana menariknya menghabiskan waktu liburan dengan memancing di darat yaitu di kolam pemancingan ikan? Yuk dibagi pengalamannya di komentar!

Komentar